Minggu, 13 Juli 2014

Belanda Kubur Impian Brasil

Perebutan juara 3 gelaran PD 2014 menyisakan cerita menarik bagi kedua tim yang berlaga yaitu Brasil dan Belanda. Meskipun apa yang mereka perebutkan ini bukanlah tujuan awal mereka. Brasil memiliki motivasi tinggi sebagai ganti kegagalan mereka ditangan Jerman, sedangkan Belanda sebagai tanda mata saat mereka kembali ke Eropa. Sayangnya harapan tuan rumah kembali terkubur saat Belanda berhasil menggilas Brasil dengan skor telak 3-0.

Tidak ada yang menyangka Belanda bisa memenangkan pertandingan sengan skor telak, banyak pihak juga yang menjagokan Brasil sebagai pemenang atas dasar faktor tuan rumah. Kemalangan Belanda terjadi dimenit awal, yaitu pada menit 3 saat Robben dilanggar oleh Silva. pelanggaran tersebut terjadi diluar kotak penalti, namun Robben menjatuhkan dirinya dalam kotak penalti dan akhirnya wasit menunjuk titik putih sebagai hukuman untuk Brasil. Eksekusi Robin van Persie sukses membawa Belanda unggul 1-0.

Pict 1: selebrasi Robin van Persie atas penaltinya ke gawang Brasil
Brasil tak patah semangat, mereka coba membangun serangan, kehilangan Neymar kini giliran Oscar mendapat kepercayaan di lini depan Brasil. Tidak ingin pulang dengan tangan hampa, Belanda menerapkan strategi bertahan yang cukup jitu demi menahan gempuran Brasil. Kedua tim ini menyuguhkan permainan terbuka yang cukup menghibur.

Malang bagi Brasil, terlalu asyik menyerang mereka kembali kebobolan di menit 16 kali ini giliran Blind yang mencatatkan namanya di papan skor. Brasil tak ingin tertinggal terlalu jauh, Oscar coba memanfaatkan kesempatan emas yang didapat, namun sayang tembakannya masih bisa diantisipasi Cillessen.

Hingga babak pertama usai tidak ada lagi gol yang tercipta dan Brasil unggul 2-0 atas tuan rumah Brasil. Memasuki babak kedua Scolari memasukkan Fernandinho untuk sedikit merubah strategi, jitu memang serangan Brasil mulai terarah. Mendapat kesempatan kembali, namun sayang tembakan keras Ramires tipis disisi gawang Cillessen. Percobaan tendangan bebas oleh David Luizpun juga masih bisa diamankan oleh kiper Ajax tersebut.

Brasil sejatinya mendapat kesempatan kala Oscar dijatuhkan di kotak penalti oleh Blind, namun wasit malah menganggap Oscar melakukan diving. Sial nasib Brasil kala itu, bukannya mendapat penalti malah kartu kuning harus diterima Oscar akibat tuduhan melakukan diving. Scolari coba mempertajam lini depannya dengan memasukkan Hulk, sayangnya malah Belanda yang kembali menciptakan gol pada injury time oleh Georginio Wijnaldum.

Gol Wijnaldum tersebut sekaligus menutup pesta gol Belanda dan memberikan luka mendalam bagi Brasil. Belandapun menutup laga dengan skor akhir 3-0. Hadiah yang cukup pantas bagi tim sekelas Belanda yang bermain cukup impresif sepanjang perhelatan PD 2014, dan rekor tersendiri bagi belanda karena belum sekalipun kalah dalam waktu normal dan ekstra time.

~END~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar