Minggu, 06 Juli 2014

Jerman Dapatkan Tiket Semifinal Pertama

Melakoni laga 8 besar sebagai pembuka sekaligus menghadapi tim tangguh dari Eropa lainnya, membuat Jerman harus langsung tancap gas sejak peluit dibunyikan. Menekan sejak awal adalah salah satu strategi Jerman untuk memenangkan pertandingan, dan mempertahankan tradisi sebagai tim yang tidak pernah absen berada di semifinal selama 4 tahun berturut-turut mulai PD 2002.

Pict 1: Skuad Jerman merayakan gol tunggal Hummels
Ozil dan Toni Kroos mulai memberikan tekanan pada anak asuh Didier Deschamps, namun sepakan Ozil masih bisa di blok oleh Lloris. Sedikit berbeda strategi yang diterapkan Loew kal ini. Pelatih bergaya parlente ini menempatkan Lahm pada posisi aslinya yaitu sebagai bek. Jitu memang, pertahanan Jerman lebih kuat, meskipun Prancis berkali-kali coba mengancam.

Keasyikan menyerang dan memanjakan Bezema, skuad Prancis lengah dan terjadi serangan di daerah pertahanannya. Untuk menghentikan serangan Jerman, Prancis melakukan pelanggaran yang berujung pada terciptanya gol. Toni Kroos mengeksekusi tendangan bebas, dengan tenang Mats Hummels menyambut tendangan tersebut dengan sundulannya dan bola meluncur deras ke gawang Prancis. 1-0 untuk Jerman.

Merasa sudah unggul, Jerman membangun pertahanan yang lebih tangguh demi mementahkan gempuran Prancis yang dimotori oleh Valbuena. Jerman patut berterima kasih pada Neuer, karena kepiawaiannya mengawal gawang dan membuat para rekannya sedikit bisa bernafas lega dalam membangun serangan.

Dalam serangan Jerman kali ini terlihat satu-satunya striker murni yang dimiliki Jerman, Klose memasuki kotak penalty dan mendapat pelanggaran dari Debuchy, sayang wasit tak bergeming. Pertandingan kembali dilanjutkan, hingga babak pertama usai skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Jerman.

Masuk babak kedua terlihat Prancis begitu getol untuk mengejar ketertinggalan, berkali-kali Valbuena memberikan crossing namun digagalkan oleh Hummels. Tidak hanya Valbuena, kini giliran pemain yang baru melakukan debutnya di PD 2014 yaitu Griezmann. Pergerakannya yang cukup lincah membuat salah satu pemain Jerman harus menghentikannya, Sami Khedira. Sayangnya upaya tersebut terhitung sebagai pelanggaran, pemain Real Madrid ini harus menerima kartu kuning.

Tidak ingin berhenti hanya pada 1-0 saja, Jerman kembali menambah daya gebraknya dengan memasukkan Schuerrle menggantikan Klose. Prancis tak mau kalah, Deschamps coba memasukkan Giroud.

Serangan Prancis seolah menemui jalan buntu saat menemui tembok besi Mats Hummels. Selain memberikan keunggulan bagi Jerman bek Dortmund tersebut berhasil menggagalkan upaya Prancis untuk mengejar ketertinggalan. Memasuki menit akhir, Benzema mendapat kesempatan, namun sekali lagi penampilan Neuer menggagalkan harapan publik Prancis. benzemapun terlihat begitu putus asa mengingat waktu yang semakin mendekati akhir. Sampai peluit panjang dibunyikan jerman sukses mempertahankan keunggulan 1-0 dan melenggang sebagai tim pertama di semifinal PD 2014

~END~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar