Jumat, 20 Juni 2014

Costa Rika Kejutkan Dunia Sepakbola

Tampil sebagai tim kuda hitam, Costa Rika benar-benar membuktikan diri bahwa mereka tidak dapat dipandang sebelah mata. Dua tim besar yang telah akrab dengan Piala Dunia, Uruguay pemenang 2kali PD dan yang terbaru juara 4 kali PD Italia menjadi korban keganasan Costa Rika. Tidak tanggung-tanggung gawang Uruguay 3 kali diberondong oleh Costa Rika dan mereka hanya bisa membalasnya satu kali saja.

Pict 1: Bryan Ruiz, merayakan gol tunggalnya ke gawang Italia
Berbeda dengan Italia, meskipun kalah tipis 1-0 tapi mereka terlihat begitu kesulitan menguasai bola saat berhadapan dengan tim asuhan J. Pinto. Berkali-kali Italia coba menekan namun sayang permainan rapi Costa Rika membuat Gli Azzuri frustasi. Terhitung sebanyak 4x mereka melakukan offside sebelum babak pertama usai.

Costa Rika harusnya bisa menang lebih dari 1-0 jika pelanggaran terhadap Campbell oleh dua bek Italia, Chiellini dan Barzagli berbuah penalty namun sayangnya sang pengadil tak menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran. Kegigihan Costa Rika berbuah hasil dalam kurun waktu hanya 1 menit setalah pelanggran Campbell  yang terlewatkan, kapten Costa Rika Bryan Ruiz melakukan heading yang terukur dan tidak dapat diantisipasi oleh Buffon. 1-0 untuk Costa Rika, skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Mencoba membalas di babak kedua, Prandelli memasukkan Cassano menggantikan Thiago Motta. Kerjasama Balotelli dan Cassano di lini depan terlihat kurang kompak. Gambling kembali dilakukan mantan pelatih Fiorentina dengan memasukkan Insigne dan Cerci untuk menambah daya gebrak Italia. Sayang hingga akhir laga Italia tidak mampu mengejar ketertinggalan, merekapun harus menunda pesta untuk lolos babak 16 besar.

Kemenangan Costa Rika ini membuat mereka sebagai tim pertama di grup D yang lolos ke babak selanjutnya, Congratulation Costa Rika. Sedangkan Uruguay dan Italia harus melakoni laga hidup mati yang sangat menentukan bagi keduanya, Italia sedikit diatas angin karena dengan hasil imbang mereka sudah bisa lolos karena unggul jumlah selisih gol. Uruguay tidak bisa diremehkan, kembalinya Suarez dari cedera memberikan suntikan tersendiri terbukti dengan dibantainya Inggris dinihari kemarin. Dan bagi Inggris, mau tidak mau mereka harus menyusul Spanyol untuk kembali pulang ke negaranya. Bye England!!!

~END~

2 komentar:

  1. Mungkin Piala dunia kali ini akan jadi bagi momentum bagi tim-tim non unggulan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa momentum bagi tim-tim Amerika Latin. Mereka tampil cukup meyakinkan. Mungkin perbedaan iklim yang tidak terlalu mencolok dengan Brasil. Mereka cukup mampu beradaptasi. Berbeda dengan tim Eropa. menurut saya sih Master

      Hapus