Senin, 23 Juni 2014

Panasnya Persaingan Grup G

Hasil imbang bagi Jerman dan USA sangatlah mengecewakan, kedua tim yang berhasil meraih kemenangan di lawa awal ini harus menunda untuk memastikan diri di babak 16 besar. Berbeda dengan Portugal dan juga Ghana, karena dengan hasil ini keduanya masih memiliki asa untuk melenggang ke babak selanjutnya, meskipun dipertandingan terakhir mereka harus saling bunuh demi tiket 16 besar.

Jerman yang tampil digdaya melawan Portugal dengan skor telak 4-0, terlihat begitu kesulitan menghadapi wakil Afrika, Ghana. Meskipun lini tengah jerman berhasil menguasai bola, namun selalu digagalkan oleh pemain bertahan Ghana saat mereka berada di kotak penalty. Jerman hampir saja membuka skor, namun tendangan keras Kroos dari luar kotak penalty berhasil diblock defender Ghana.

Pada menit 21, giliran Muller yang gagal mengkonversikan umpan silang Ozil menjadi gol karena tendangannya terlalu melebar ke sisi gawang anak asuh Samuel Appiah. Hingga berakhirnya babak pertama, skor kacamata masih menghiasai pertandingan yang diselenggarakan di Estádio Governador Plácido Aderaldo Castelo.

Memasuki babak kedua Joachim Loew, menarik Jerome Boateng dan menggantinya dengan Shkodran Mustafi. pergantian tersebut belum membuahkan hasil. Baru pada menit 51, tim berjuluk Der Panzer bisa membuka keunggulan melalui Mario Gotze memanfaatkan assist Thomas Muller. 3 menit berselang Ghana berhasil membalas melalui tendangan André Ayew yang gagal diantisipasi Manuel Neuer. Gol tersebut membangkitkan semangat Ghana, merekapun berhasil unggul atas juara PD 3x tersebut, melalui  Asamoah Gyan 2-1 Ghana memimpin.

Ketertinggalan Jerman membuat Jochim Loew memasukkan Klose untuk mengubah keadaan Jerman pada menit 69'. Hanya berselang dua menit Miroslav Klose menjawab kepercayaan sang pelatih dengan gol penyama kedudukan. Gol ini merupakan gol terakhir di laga tersebut, 2-2 hasil akhir dari keduanya.

Pict 1: Klose merayakan golnya ke gawang Ghana
Hasil 2-2 juga didapatkan dipertandingan grup G lainnya kala USA berhadapan dengan Portugal. Portugal yang memburu kemenangan membuka angka oleh gol bintang Manchester United, Nani. Tembakan terukurnya dari luar kotak penalty tidak dapat dibendung oleh Tim Howard, 1-0 Portugal memimpin dan bertahan hingga babak pertama usai.

Pict 2: Nani merayakan gol pertamanya ke gawang USA
Ronaldo yang dipaksakan bermain dalam keadaan yang tidak 100% coba kembali menemukan permainan terbaiknya, namun masih gagal saat sepakan kerasnya diluar kotak penalty masih jauh dari sasaran. Pada menit 64' publik USA dibuat bersorak oleh gol Jermaine Jones yang cukup fantastis, 1-1 untuk keduanya.

USA kini memegang kendali permainan, setelah mereka berhasil membalikkan keadaan. Mereka patut berterima kasih kepada sang kapten, Clint Dempsey yang berhasil lolos dari jebakan offside dengan dadanya Dempsey mengontrol bola sekaligus merubah arah bola umpan Graham Zusi, 2-1 USA memimpin.

Hampir saja Portugal tersingkir dari persaingan panas grup G, namun berkat kecermatan Ronaldo yang mengirinkan assist kepada Silvestre Vareladan berbuah gol tepat beberapa detik sebelum pertandingan usai. Fantastis, hasil 2-2 mengakhiri laga panas tersebut.

~END~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar