Sabtu, 28 Juni 2014

Zona 16 Besar

Grup A: Brasil, Meksiko                             Grup E: Prancis, Swiss
Grup B: Belanda, Chile                               Grup F: Argentina, Nigeria
Grup C: Kolombia, Yunani                           Grup G: Jerman, USA
Grup D: Kosta Rika, Uruguay                     Grup H: Belgia, Algeria

Itulah nama-nama peserta yang masuk pada babak 16 besar Piala Dunia 2014, bagi saya sedikit mengecewakan meskipun banyak pihak yang mengatakan ini sebuah kejutan. Mengecewakan karena tim favorit saya seperti italia dan inggris harus tersingkir dan pulang lebih awal ke negaranya. Sedangkan dikatakan mengejutkan karena nama-nama seperti Kosta Rika, Algeria, Nigeria dan Swiss yang sama sekali tidak menjadi unggulan malah bersanding dengan nama-nama besar di babak ini.

Pict 1: Timnas Brasil merayakan kemenangan atas Kamerun
Pertandingan terakhir yang terjadi di grup A adalah kemenangan Brasil 1-4 dari Kamerun, terlihat sekali Brasil begitu menginginkan kemenangan demi menghindari Belanda. Aktornya adalah Neymar 2x mencetak gol, Fred dan Fernandinho. Sedangkan runner up grup A, Mexico menang telak atas Kroasia 1-3 gol dari R. Marquez, Guardado dan Chicharito

Grup B menampilkan pertandingan yang cukup menegangkan sebab, Belanda dan Chile yang dipastikan lolos pada pertandingan ke-2 memperebutkan juara grup. Keberuntungan  berpihak pada Belanda dengan kemenangan 2-0, ini artinya Belanda berhasil sapu bersih Fer dan Depay merupakan pahlawan kemenangan Belanda kala itu. Juara bertahan Spanyol tak ingin pulang dengan tangan hampa, di akhir laga mereka berhasil menekuk Australia, 3-0. Torres menyumbangkan golnya bersama Villa dan Mata.

Hampir sama dengan Brasil, Kolombia memastikan kemenangan di pertandingan ketiga dengan skor telak 1-4 atas Jepang. Martinez mencatatkan 2x namanya di papan skor, Quadadro dan Rodriguez saling menyumbangkan 1 gol bagi kemenangan Kolombia. Pantai Gading yang bermain impresif diawal harus kembali menelan kekalahan 2-1 atas Yunani, merekapun harus merelakan Yunani yang menemani Kolombia ke babak selanjutnya. Yunani patut berterima kasih kepada Samaras dan Samaris sebagai tokoh protagonis dalam pertandingan tersebut.

Di grup neraka banyak spekulasi antara Italia, Inggris atau Uruguay yang lolos 16 besar, namun malah Kosta Rika yang pertama kali melangkah ke babak selanjutnya setelah menekuk Italia di pertandingan kedua. meskipun di pertandingan terakhir melawan Inggris mereka hanya bermain imbang 0-0, namun mereka tetap menjadi pemuncak klasemen. Sedangkan Italia yang lebih diharapkan menemani Kosta Rika, harus mengakui keunggulan Uruguay 1-0 berkat gol Godin.

Prancis yang tampil sangat agresif hanya bisa bermain seri 0-0 di pertandingan terakhir penyisihan grup melawan Ekuador. Sedangkan penentuan antara Swiss dan Honduras berlangsung sangat seru, demi memastikan lolos Swiss bermain menyerang sejak awal dan mereka patut bangga memiliki sosok gelandang seperti Xherdan Shaqiri yang dapat memecah kebuntuan dan berhasil menciptakan hattrick di laga yang berakhir 3-0 tersebut

Tidak perlu diragukan lagi kali ini mengenai kemampuan Messi, berkat permainannya yang luar biasa dia berhasil membawa Argentina lolos babak selanjutnya dan menjadi juara grup F. Hampir sama dengan grup B, di grup ini juara dan runner up grup saling berhadapan Argentina dan Nigeria dan berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Argentina kemenangan tersebut berkat 2 gol Messi dan Rojo, sedangkan gol Nigeria dicetak oleh Musa. Sedangkan Bosnia sebagai satu-satunya wakil Eropa di grup tersebut berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1 atas Iran, berkat gol Dzeko, Pjanic dan Vrsajevic.

Selanjutnya di grup neraka lainnya, Jerman keluar sebagai juara grup setelah memastikan kemenangan atas Usa 1-0 berkat gol Muller. Sedangkan tim yang menggunakan teknik "Ronaldo-sentris" yaitu Portugal harus puas berada ditempat ketiga setelah menekuk Ghana 2-1, berkat gol CR7 dan 1 gol bubuh diri. Sejatinya dengan kemenangan ini Portugal memiliki poin sama dengan USA, namun mereka kalah selisih gol dan harus merelakan  USA melenggang ke babak 16 besar.

Di grup terakhir yaitu H, tim kuda hitam belgia berhasil menyapu bersih kemenangan, mereka berhasil menang tipis 1-0 atas Korea dipertandingan terakhir berkat gol Vertonghen. Sedangkan Algeria sukses menemani Belgia usai bermain imbang dengan Rusia 1-1.

Dan untuk pertandingan di babak 16 besar nanti adalah
Brasil vs Chile; Belanda vs Meksiko; Kolombia vs Uruguay; Kosta Rika vs Yunani; Prancis vs Nigeria; Argentina vs Swiss, Jerman vs Algeria; Belgia vs USA
Jadwal jam tayangnya di TV, bisa cek Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Dunia 2014

~END~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar