Kamis, 19 Juni 2014

Kejutan Kolombia dan Costa Rika

Semua mata penikmat sepakbola hanya terpaku pada nama besar dari benua biru seperti Italia, Jerman, Spanyol sang juara bertahan, Belanda sang finalis yang selalu gagal juara. Untuk benua Amerika mereka terfokus pada tuan rumah Brasil, negara asal si tangan Tuhan yaitu Argentina. Namun siapa sangka nama-nama seperti Kolombia dan Costa Rika mampu memberi kejutan pada pekan pertama gelaran PD 2014.

Kolombia berhasil memberikan luka pertama bagi juara Euro tahun 2004, Yunani. Sedangkan Costa Rika mampu menduduki puncak klasemen sementara grup D, setelah menghancurkan tim unggulan Uruguay 3-1 di stadion Governador Plácido Aderaldo Castelo. Costa Rika menang selisih gol atas Italia yang pada pertandingan lain mengalahkan Inggris 2-1. Pencapaian Costa Rika mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, karena tim yang mereka kalahkan merupakan sarang pemain bintang seperti kita tau, Luiz Suarez, C. Rodriguez, Forlan dan Cavani. Nama-nama tersebut adalah tumpuan bagi klub yang dibelanya, tapi saat menghadapi Costa Rika nyatanya mereka tak bisa menjawab tantangan publik untuk meraih kemenangan.

Sempat unggul hasil dari tendangan penalty Cavani, Uruguay masih terhalang jalan buntu untuk menambah keunggulan. Costa Rika yang menjadi underdog pada pertandingan tersebut membuktikan pada dunia dengan bertahan secara rapi, sesekali memanfaatkan kesalahan Uruguay untuk menyamakan kedudukan. Diujung babak pertama Costa Rika coba membangun serangan, namun sayang sundulan Campbell melayang jauh diatas mistar Uruguay. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Uruguay.

Di babak kedua Costa Rika mengambil inisiatif serangan demi mengejar ketertinggalan, usaha Costa Rika berbuah manis pada menit 54, saat tendangan keras Campbell gagal diantisipasi Muslera. Berselang hanya 3 menit Costa Rika membalikkan kedudukan 2-1, berkat sundulan Duerte. Alih-alih mengejar ketertinggalan, Uruguay malah kebobolan saat waktu normal hanya menyisakan 6 menit. Campbell kembali memberikan kontribusi, kali ini dia melepaskan assist untuk Ureña. Hingga pertandingan usai Costa Rika memimpin dengan skor 3-1.

Pict 1: Joel Campbell, merayakan gol ke gawang Uruguay
Sedangkan Kolombia tak perlu menunggu waktu lama untuk mengungguli Yunani, saat Armero sukses meneruskan umpan Juan Cuadadro ke gawang  Karnezis. Sukses menguasai bola, tidak dibarengi dengan gol tambahan oleh Kolombia hingga babak pertama usai skor bertahan 1-0 untuk Kolombia.

Pada babak kedua Kolombia berhasil menggandakan keunggulan pada menit 58 melalui Teófilo Gutiérrez. Tak ingin tertinggal lebih jauh, Yunani coba menyerang, namun gagal dikonversikan menjadi gol. Permainan Yunani pun juga tidak bisa berkembang, petaka bagi Yunani saat memasuki tambahan babak kedua. Kolombia kembali menjauhkan selisih gol setelah James Rodríguez menceploskan bola ke sisi kanan gawang Yunani, 3-0 Kolombia menang. Kemenangan ini mengantarkan Kolombia ke pucuk pimpinan grup C.

Pict 2: Teófilo Gutiérrez merayakan golnya ke gawang Yunani




~END~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar