Sabtu, 18 Juni 2016

Eder Pastikan Tiket 16 Besar

Perancis – Euro 2016 benar-benar menjadi ajang pembuktian bagi Antonio Conte dan pasukan Azzurri kepada penikmat sepakbola seluruh dunia. Satu gol Eder ke gawang Swedia memastikan tiket 16 besar untuk Italia menyusul Perancis dengan 6 poin dari dua kali pertandingan.

Trio BBC (Barzagli, Bonucci, Chiellini) masih menjadi andalan Conte di daerah pertahanan Italia, guna meredam agresifitas Ibrahimovic. Sungguh jitu strategi yang diterapkan oleh pelatih anyar Chelsea ini, beberapa serangan Swedia hanya berakhir di kaki 3 punggawa Juventus tersebut.

Di babak pertama tak banyak peluang yang diciptakan oleh kedua tim, mereka bermain sangat hati-hati mengingat kemenangan dalam laga ini sangatlah penting bagi keduanya. Kemenangan Italia akan membawa ke fase 16 besar, sedangkan kemenangan Swedia akan memberikan napas lebih panang untuk keikutsertaannya dalam Euro 2016.

Mandulnya penyerang Italia membuat Conte harus mengganti pahlawan kemenangan Belgia, Pelle dengan Zaza demi menambah daya gempur Italia. Berbeda anak asuh Erik Hamren yang masih menunggu sentuhan magis dari Ibra yang tak kunjung datang.

Kesempatan emas didapat Italia melaui sundulan Parolo, sayang bola yang sudah salah diantisipasi Isaksson masih membentur mistar gawang. Italia mulai menerapkan umpan pendek akurat demi mengantisipasi postur pemain Swedia yang jauh lebih tinggi dari punggawa Azzuri untuk memotong umpan panjang.

Hasilnya terlihat dimenit 88, bermula dari Chiellini yag mengambil bola out dan memberikan umpan pada Zaza. Sayang Zaza melakukan tandukan kurang tepat, namun bola jatuh di kaki Eder dengan sedikit gerakan dan berhasil mengecoh 3 pemain Swedia, Eder menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Isaksson.

Gol cantik Eder ini membawa Italia unggul 1-0 atas Swedia. Posisi tertinggal, Swedia semakin gencar melakukan serangan namun Italia bermain cukup tenang dalam menghadapi serangan. Buffon yang coba mengulur waktu mendapatkan peringatan berupa kartu kuning dari Viktor Kassai pada tambahan waktu.

Hampir saja Ibra menyamakan kedudukan di menit 95 dan protes pemain Swedia meminta penalty akibat benturan dengan Bonucci, namun tak dihiraukan oleh wasit. Saatnya peluit akhir dibunyikan dan Italia berpesta karena telah berhasil mencatatkan namanya di fase 16 besar Euro 2016 Perancis.

~END~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar