Jumat, 10 Juni 2016

Payet Selamatkan Muka Tuan Rumah


Perancis - Menjadi unggulan juara pada gelaran Euro 2016, tidak serta merta membuat Perancis yang sekaligus menyandang status sebagai tuan rumah dapat membungkam Rumania dengan mudah. Terbukti Perancis sempat mengawali kesulitan di awal laga untuk menjebol gawang Tatarusanu, beberapa kali kesempatan tercipta namun tidak satupun berbuah gol di babak pertama.

Pada menit ke 35 Antoine Griezmann sempat membuat publik yang memadati  Stadium Stade de France terhenyak dengan sepakan kerasnya ke gawang Rumania, namun begitu tipis bola menggelinding di sisi kiri gawang. Perancis memimpin di sepanjang laga namun beberapa kali kelemahannya dapat dimanfaatkan oleh Rumania untuk melakukan serangan balik.

Dimitri Payet yang mendapat sorotan tajam media dengan permainan apiknya coba memberikan beberapa kali umpan manis pada rekannya. Hingga penghujung turun minum, Perancis masih belum bisa membuka keunggulan setalah kesempatan terakhir yang didapat Giroud melebar dari gawang.

Memasuki babak kedua pertandingan semakin terbuka, Rumania sempat membuka peluang namun berhasil digagalkan oleh Lloris. Rumania ganti memberi tekanan kepada tuan rumah namun sayangnya tidak dibarengi dengan pertahanan yang mumpuni. Akibatnya mereka lengah dan Perancis berhasil mencuri keunggulan atas sundulan Giroud berkat kerjasamanya dengan Payet.

Permainan mulai menjurus terhadap kekerasan saat memasuki menit ke 66, Rumania mendapat hadiah penalti pertama pada gelaran Euro 2016 setelah Stanciu dilanggar oleh Evra. Bertindak langsung sebagai algojo, Stanciu berhasil mengelabuhi Lloris. Skor imbang 1-1 untuk Perancis dan Rumania.

Demi meningkatkan serangan pelatih Perancis Didier Deschamps melakukan pergantian pemain dengan memasukkan beberapa midfielder seperti Anthony Martial dan Kingsley Coman. Tak ingin semakin ketinggalan pelatih Rumania Anghel Iordanescu juga melakukan beberapa pergantian.

Jual beli serangan terjadi hingga mendekati menit akhir, namun tak satupun dari kedua kubu berhasil mencetak gol. Tepat satu menit sebelum laga bubar Payet yang kontribusinya cukup banyak di laga ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak dapat dijangkau Tatarusanu.

Setelah gol tersebut Payet ditarik keluar digantikan Sissoko, namun hal tersebut tidak menghalangi Payet meraih gelar man of the match pada laga pembuka Euro 2016. Dengan kemenangan 2-1 Perancis atas Rumania ini membuat Perancis untuk sementara berada di puncak klasemen grup A.

~END~


Pertandingan selanjutnya
8.00 pm : Albania vs Swiss (Grup A)
11.00 pm : Wales vs Slovakia (Grup B)
12/6 2.00 am : Inggris vs Rusia (Grup B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar