Senin, 13 Juni 2016

Italia Pamer Kasta

Perancis – Stade de Lumieres menjadi saksi tumbangnya generasi emas Belgia dihadapan pasukan Italia dengan skor 2-0. Giaccherini dan Pelle berhasil menaklukkan ketangguhan kipper muda Belgia, Thibaut Courtois dengan gol-gol cantiknya.

Antonio Conte berhasil menjawab keraguan banyak pihak yang mempertanyakan komposisi pemain di Euro 2016, pasalnya mantan pelatih Juventus ini menyertakan nama-nama asing dan tidak membawa beberapa nama sebagai langganan timnas. Namun kejeliannya membaca strategi lawan dengan menempatkan 4 mantan anak asuhnya di Juventus sebagai palang pintu akhir Italia, membuat Belgia frustasi karena gagal mencetak gol.

Buffon, Barzagli, Bonucci dan Chiellini menjadi barisan yang sangat sulit ditembus oleh barisan penyerangan Belgia. Dikomando oleh pemain tengah sekelas Eden Hazard, membuat Italia harus ekstra hati-hati agar tidak mengulangi kesalahannya, kalah 1-3 seperti November lalu.

Permainan Belgia cukup hati-hati, mengingat dalam laga ini mereka lebih diunggulkan daripada Italia karena komposisi pemain dan peringkat FIFA yang memiliki jarak cukup jauh yaitu 2 dan 12. Berbanding terbalik dengan Italia yang tampil tanpa tekanan, mereka hanya beberapa kali memanfaatkan kelengahan Belgia untuk melakukan serangan balik cepat.

Berawal dari rasa frustasi Lukaku di menit 29 dan kemudian melakukan pelanggaran pada Chiellini, membuat Mark Clattenburg memberikan hadiah tendangan bebas pada Italia. Eksekusi diambil langsung oleh Bonucci, tendangan bebas bek Juventus ini disambut oleh Giaccherini yang langsung menceploskan bola ke sudut kiri bawah gawang Courtois.

Italia akhirnya memimpin laga dengan skor 1-0 hingga akhir babak pertama. Tak ingin semakin tertinggal Belgia semakin gencar melakukan serangan terhadap Italia, sayangnya harus menemui jalan terjal saat striker Belgia berhadapan langsung dengan kipper gaek Italia, Buffon.

Italia sempat kelimpungan saat Pelle harus ditarik keluar sementara untuk mendapat perawatan pada tangannya yang cedera, namun setelahnya Italia kembali bisa mendominasi di babak kedua. Memasuki menit 70 Italia harus ekstra waspada jika tidak ingin berbagi angka, gempuran Belgia coba mereka patahkan meskipun menghasilkan kartu kuning bagi para pemainnya.

Asyik menyerang Belgia tidak mengantisipasi serangan balik yang dilakukan Italia, pergerakan Candreva ke sisi kiri gawang Courtois terkejar, namun dengan cerdiknya pemain Lazio ini mengirim umpan silang kepada Pelle yang tak terkawal. Umpan Candreva disambut dengan tendangan first time oleh pemain andalan Southampton dan menambah keunggulan bagi Italia 2-0.

Gol Pelle di babak tambahan waktu ini membuat seluruh pemain dan staff yang berada di bench bersorak menyambut kemenangan pertama mereka. Beberapa dari mereka berlari masuk lapangan merayakan selebrasi atas gol Pelle. Bersamaan dengan itu, Mark Clattenburg meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Hasil ini membawa Italia memuncaki klasemen sementara dan membenamkan Belgia ke posisi juru kunci. Forza Azzurri Forza Italy.

~END~

Pertandingan selanjutnya
14/6/2016 11.00pm : Austri vs Hungaria (Grup F)
15/6/2016 2.00am : Portugal vs Islandia (Grup F)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar