Senin, 13 Juni 2016

Juara Bertahan Bungkam Ceko

Perancis – Stadium de Toulouse menjadi saksi kemenangan Spanyol 1-0 atas Ceko. Gol tunggal yang tercipta di menit-menit akhir tersebut diciptakan oleh Gerard Pique berkat assist yang dikirimkan oleh Andres Iniesta.

Datang ke Perancis dengan status juara bertahan bagi Spanyol bukanlah hal yang berat, mengingat sudah dua kali secara beruntun mereka juara Euro. Namun kemenangan pertamanya seolah sulit diraih saat barisan serangan mereka menghadapi benteng pertahanan sekelas Petr Cech.

Sejak awal laga Spanyol telah mengambil inisiatif serangan yang dikomado oleh Fabregas dan Iniesta. Penguasaan bola dan melakukan serangan mematikan merupakan ciri khas Spanyol, namun beberapa kali mereka hanya menemui jalan buntu.

15 menit pertandingan berjalan Morata hampir saja mengubah kedudukan Spanyol jika tendangannya tidak di blok oleh mantan kiper Chelsea. Bukan hanya satu kali, di menit 28 Morata coba peruntungannya lagi menghadapi Cech, sayangnya kipper nomor satu Arsenal ini selalu bisa menggagalkannya.

Hingga peluit tanda babak pertama usai kedua tim belum bisa merubah papan skor. Memasuki babak kedua, Spanyol semakin meningkatkan serangan, dengan tekad ingin menang mereka memanafaatkan kemelut di muka gawang pasukan Vrba, namun berhasil di blok Kaderabek.

Spanyol terus saja menebar terornya dan penguasaan bola, hingga masuk angka 70%. Usaha tersebut baru membuahkan hasil di menit 87. Pique berhasil menanduk umpang silang dari rekan setimnya di Barcelona, Inieta yang menghujam deras ke gawang Petr Cech.

1-0 untuk Spanyol, hasil bertahan hingga pertandingan usai. Kemenangan yang di dapat Spanyol ini begitu penting demi membuntuti sang pemuncak klasemen Kroasia yang di laga sebelumnya berhasil mengalahkan Turki engan skor sama 1-0.

~END~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar